Rabu, 14 November 2012

RUANG LINGKUP ANALISIS MAKROEKONOMI



RUANG LINGKUP ANALISIS MAKROEKONOMI
v  Makroekonomi adalah teori dasar kedua dalam ilmu ekonomi. Teori dasar lainya adalah mikroekomi. Teori mikroekonomi menganallisis kegiatan suatu perekonomian dengan melihat bagian-bagian kecil dari keseluruhan kegiatan ekonomi. Manakala makroekonomi melihat kegiatan ekononomi dengan memperhatikan gambaran kegiatan ekonomi secara menyeluruh.
v  Dari segi analisisnya ,teori mikro ekonomi menganalisis bagaimana suatu masyarakat menyelesaikan 3 persoalan. (a) apakah jenis barang-barang  yang perlu diproduksi? (b) bagaimanakh caranya barang-barang tersebut diproduksikan? (c )untuk siapakah barang-barang tersebut di produksikan?
v  Analisis dalam makroekonomi pada hakikatnaya menerangkan  (a) bagaimanakah kegiatan ekonomi ditentukan dan apakah faktor-faktor penentunya? (b) masalah- masalah apakah yang selalu dihadapi setiap perekonomian? (c) apakah tujuan kebijakan-kebijakan pemerintah dan bagaimanakah bentuk kebijakan pemeriintah untuk mengatasi masalah ekonomi dan mencapai tujuan-tujuan tersebut?
v  Ahli-ahli ekonomi selalu mengamati prestasi  kegiatan perekonomian dari waktu ke waktu untuk mencapai kebutuhan tersebut perlu di perhatikan data statistik yang menggambarkan perubahan-perubahan dalam kegiatan ekonomi Negara . data statistik tersebut dinamakan indikator makroekonomi atau macroeconomic indicator. Terhadap banyak jenis indikator makroekonomi atau pengamat makroekonomi. Dalam analisis makroekonomi , yang terutama perlu diperhatikan adalah pendapatan nasional (PDB dan PNB), tingkat pertumbuhan ekonomi, pengangguran dan tingkat pengangguran,inflasi dan neraca pembayaran.
v  Kegiatan ekonomi tidak selalu mencapai efisiensi yang diharapkan,yaitu tidak mencapai kesempatan kerja penuh secara terus menerus. Dalam teori, untuk memberi gambaran tentang efisiensi kegiatan ekonomi, perlu diperhatikan perbedaan di antara KNK-potensial dan KNK-sebenarnya dan mengenai konjungtur.
v  Kegiatan ekonomi yang tidak efisien meninbulkan berbagai masalah makroekonomi, yaitu masalah-masalah yang mempengaruhi keseluruhan ekonomi . masalah-masalah tersebut adalah pengangguran,pertumbuhan yang lambat,inflasi dan ketidak keseimbangan neraca pembayaran.
v  Telah di katakan, mekanisme pasar tidak dapat mewujudkan tingkat kegiatan ekonomi Negara yang efisien secara terus menerus. Hal ini menimbulkan berbagai masalah ekonomi dan diperlukan kebijakan pemerintah untuk mengatasinya. Dalam mengatasi masalah yang di hadapi keseluruhan ekonomi, kebijakan pemerintah mempunyai tujuan-tujuan berikut : menstabilkan kegiatan ekonomi, mencapai tingkat kesempatan kerja penuh tanpa inflasi, menciptakan pertumbuhan ekonomi yang teguh, menghindari masalah inflasiyang tinggi dan mewujudkan neraca pembayaran yang kukuh.
v  Kebijakan pemerintah yang digunakan untuk mengatasi masalah-masalah ekonomi yang telah diterangkan dibedakan kepada tiga bentuk tindakan yaitu kebijakan moneter dan kebijakan segi penawaran. Dalam kebijakan fiskal akan dibuat perubahan dalam pengeluaran pemerintah atau pajak untuk mempengaruhi tingkat pengeluaran agregat. Dalam kebijakan moneter yang dilakukan adalah membuat perubahan dalam penawaran uang atau suku bunga untuk mempengaruhi pengeluaran agregat. Kebijakan segi penawaran dilakukan untuk mengurangi pajak , memberikan insentif fiskal, memberi subsidi dan menyediakan infrastruktur yang baik untuk menaikan efisiensi kegiatan perusahaan-perusahaan. Mengembangkan infrastruktur dan membuat peraturan yang kondusif kepada suasana usaha yang baik juga perlu dilakukan.

2 komentar:

  1. terima kasih ya udah berkunjung... :)
    barang kali perlu untuk bertukar informasi ini num hp saya 089660586637
    FB : fugiforeverr@yahoo.co.id
    twitter : abnie abdul
    :)

    BalasHapus

tinggalkan komentar ?